Situs resmi Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran (since 2015)

Yuk Belajar Menjaga Hati

“Teman Masa Gitu ?”. Ya itulah tema dari Kansai di awal tahun ini. Sebelumnya udah tau dong ya Kansai itu apa sih ? Nih, bagi yang masih bingung yuk kita simak dulu mengenai Kansai. Kansai atau singkatan dari Kajian Islam Inspiratif ialah salah satu proker dari Kementerian Agama PH Himatika FMIPA Unpad 2017. Proker ini bertujuan untuk memberikan materi mengenai pengamalan nilai-nilai agama Islam kepada Anggota Biasa Himatika FMIPA UNPAD. Jadi kita tidak hanya mendapatkan ilmu dunia tetapi juga ilmu akhirat. Keren kan ? Keren banget dong yaa.

kansai 2

     Nah, Kansai di awal tahun ini dilaksanakan pada hari Rabu lalu, tepatnya pada tanggal 15 Maret 2017. Pemateri yang diundang pun tidak kalah kece dengan acaranya. Ya, dia ialah Kang Ridwan Kamal. Udah tau dong ya siapa ? Buat yang belum tau bisa lihat fotonya nih. Temanya gimana ? Seperti yang dibilang sebelumnya, tema Kansai awal tahun ini ialah “Teman Masa Gitu ?”. Terus apa hubungannya dengan judul ? Nah, jadi gini nih, di Kansai kali ini, kita dijelaskan mengenai cara bergaul dan bersosialisasi yang baik dan sesuai dengan syariat Islam. Caranya gimana ? Bergaul atau bersosialisasi boleh dengan siapa aja tapi..ada tapinya nih. Pertama, ketika kita bergaul atau bersosialisasi, alangkah baiknya kita untuk menjaga pandangan dan hati kita, apalagi ketika kita bergaul dengan lawan jenis yang bukan mahram kita. Kedua, cara berbusana juga harus diperhatikan, pakaian yang harus diperhatikan disini ialah pakaian yang menutup aurat dan tidak menggunakan parfum atau alat-alat kosmetik yang berlebihan. Yang ketiga dan juga yang terakhir ialah  melihat kondisi dan suasana ketika kita sedang bergaul, khususnya ketika kita bergaul dengan lawan jenis, jangan bergaul ditempat yang tidak ramai atau berkhalwat. Nah, jadi, intinya kita boleh berteman dengan siapapun asal tetap mengingat tiga aturan diatas. Jaga hati kita ketika berteman, jangan sampai berteman malah membuat kita bermusuhan atau membuat kita jauh dari ajaran agama. Dan mari kita saling mengingatkan sesama demi kebaikan.

kansai 1

Wahh bagus banget ya materi yang disampaikan pada Kansai pertama ini. Buat akang teteh yang belum sempat menghadiri Kansai kali ini, ditunggu kehadirannya ya di Kansai berikutnya. Yuk mari menimba ilmu agama bersama-sama~ 😀

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *