Situs resmi Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran (since 2015)

Training of Himatika 3.1 – PKM : Sebuah Jalan untuk Menjadi Prestatif

Matematika 2015!!???

“Satu untuk semua, semua untuk Aksioma!”

TOH 3.1 2

Semangat Peserta TOH

TOH 3.1 1

Dok. Pubdok PAB 2015

Teriakan semangat jargon Aksioma 2015 menggema di segenap penjuru Aula Departemen Matematika pada rabu kemarin tanggal 16 September 2015. Peserta Aksioma 2015 menunjukkan semangatnya dalam mengikuti salah satu kegiatan pengaderan di Himatika FMIPA Unpad.

Nama acara tersebut adalah Training of Himatika (TOH). TOH adalah bentuk pengaderan anggota muda Himatika FMIPA Unpad.

Memangnya ada apa pas hari rabu tersebut?

Pada hari rabu tersebut, telah diadakan acara TOH yang pertama dari serangkaian acara TOH. Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB. Meskipun terlihat lesu, peserta Aksioma 2015  tetap bersemangat untuk mengikuti kegiatan tersebut. Mereka berbaris menuju Aula D13 dengan segala atribut dan barang bawaan khas TOH.

Sesuai dengan visi Aksioma 2015, yaitu “Aktif berprestasi”, tentunya acara TOH tersebut didesain sedemikian rupa sehingga dapat menumbuhkan prestasi dari peserta Aksioma 2015. Dalam acar tersebut, peserta Aksioma 2015 diberi muatan tentang ajang bergengsi dalam dunia mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti, yaitu Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Sebelumnya, peserta Aksioma2015 diberi santapan rohani terlebih dahulu dengan hal yang kece bernama mentoring.

Muatan PKM dibawakan oleh pembawa materi yang tidak kalah kece. Pembawa materi pernah berkali-kali masuk Pimnas, ajang paling puncak dan bergengsi dari PKM. Dan tentunya, sang pembawa materi ini berasal dari fakultas kita tercinta, yaitu FMIPA yang terkenal dengan penyumbang terbesar Unpad dalam ajang PKM dari tahun ke tahun.

Suasana pembawaan materi pada waktu itu memang penuh dengan aura pembawa rasa kantuk. Namun, peserta Aksioma 2015 tetap terus semangat dan antusias dalam menjalani acara TOH tersebut.

Pembawaan materi PKM tersebut memantapkan pemahaman peserta Aksioma 2015 akan PKM karena sebelum-sebelumnya, peserta Aksioma 2015 telah mendapatkan jejalan materi PKM dari mulai saat Prabu hingga Mipa Bersatu.

Tidak cukup sampai pembawaan materi, peserta Aksioma 2015 kemudian melakukan simulasi penyusunan proposal PKM. Peserta Aksioma2015 berkumpul dengan kelompok PKM masing-masing yang sudah dibagi sebelumnya.

Simulasinya seperti apa?

Peserta diinstruksikan untuk membuat rancangan ide dan proposal PKM dalam waktu yang lumayan membuat keder, 15 menit. Dengan pressure time tersebut, pemikiran peserta menjadi semakin berputar-putar dan “Liar” untuk menjalankan simulasi. Ruangan sempat heboh dan ricuh dengan suara-suara diskusi dari masing-masing kelompok.

Setelah peserta melakukan simulasi, panitia menambah “Keramaian” Aula D13 dengan instruksi “Presentasi hasil simulasi” dari dua kelompok yang beruntung.

Kelompok pertama yang beruntung mempresentasikan hasil simulasi mereka bernama “Kasur Pintar”. Kasur pintar ini, katanya, terpikir dari masalah sehari-hari yang klise tetapi cukup mengganggu, yaitu mager bangun tidur. Si Kasur Pintar ini dapat menjadi solusi.

Kelompok kedua yang beruntung mempresentasikan hasil simulasi yang lebih liar lagi. Bahkan saat itu, seisi ruangan menjadi heboh dengan idenya. Idenya bernama “Sabun Ajaib”. Si Sabun Ajaib ini adalah sabun cair untuk menghancurkan sampah-sampah yang katanya, sering menyumbat saluran di kamar mandi sehingga kamar mandi menjadi tidak bersih.

Puas dengan berbagai muatan yang telah diberikan, peserta Aksioma 2015 semakin bersemangat. Ya, bersemangat karena peserta akan segara pulang ke ruah dan kosannya masing-masing. Asik!! Ye!!

Itulah sedikit cuap-cuap mengenai acara TOH pada hari rabu kemarin. Keep spirit!

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *