Situs resmi Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran (since 2015)

Tiga Mahasiswa Matematika Unpad Raih Medali pada Acara MaG-Day IX ITB

Pada acara MaG-Day IX ITB 2016 lalu, tiga mahasiswa Matematika Unpad meraih medali perak dan perunggu. Ketiga mahasiswa tersebut adalah Dely Ismail (2014), Aris Muda (2013), dan Asefan Ardi (2013).

Berikut adalah kutipan beritanya dari web Unpad.

Mahasiswa Matematika Unpad Raih Medali di MaG-Day IX ITB

[Unpad.ac.id, 3/05/2016] Tiga mahasiswa Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran, Aris Muda, Dely Ismail, dan Asefan Ardi meraih prestasi di Mathematical Analysis and Geometry Day (MaG-Day) IX yang digelar Institut Teknologi Bandung (ITB) 23 April 2016 lalu. Aris dan Dely berhasil meraih medali perak, dan Asefan berhasil meraih medali perunggu.

(Foto oleh: Dadan T.)*

Tiga mahasiswa Matematika Unpad yang meraih medali pada Mathematical Analysis and Geometry Day (MaG-Day) IX di ITB (Foto oleh: Dadan T.)*

MaG-Day merupakan sebuah lomba pemecahan masalah analisis dan geometri yang diikuti oleh sekitar 30 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Pada kompetisi ini, masing-masing peserta diberikan soal yang dikerjakan secara individu. Nilai dari masing-masing individu ini kemudian dijumlahkan sebagai nilai tim. Lima tim dengan nilai tertinggi, maju sebagai finalis.

Dari Unpad sendiri, turut berlaga empat tim yang masing-masing terdiri dari dua orang mahasiswa. Meski tahun ini tidak ada tim Unpad yang lolos ke final, prestasi secara individu ini cukup membuat Aris, Dely, dan Asefan senang.

“Sebenarnya ini lomba tim, tetapi ada penghargaan juga buat individu. Untuk timnya kita tidak masuk final, hanya masuk sembilan besar,” ungkap Dely saat ditemui bersama Aris dan Asefan di Ruang Humas Unpad, Gedung Rektorat Unpad lantai 1, kampus Jatinangor, Senin (2/05).

Disamping ada perasaan senang, juga ada perasaan kecewa karena mereka gagal maju ke final. Berbagai evaluasi pun akan mereka lakukan untuk maju ke kompetisi berikutnya. “Buat tahun depan, Insya Allah kita bisa,” harap Dely.

Di kompetisi tersebut, para perwakilan Unpad ini pun telah terseleksi secara internal di Program Studi Matematika Unpad. Di Matematika Unpad sendiri ada kelompok pecinta kompetisi matematika, Mathematics Olympiad Loverz Club (MOL-C). Melalui kelompok ini pula, segala persiapan menjelang kompetisi dilakukan, termasuk melalui bimbingan para dosen.

“Lomba tahunan matematika cukup banyak. Jadi kita persiapan terus. Itu rutinitas kita. Disitu kita bahas-bahas soal, sama dosen juga,” ungkap Aris.

Bukan hanya untuk kompetisi MaG-Day, persiapan juga dilakukan untuk menghadapi berbagai kompetisi matematika lain di  tingkat nasional. Persiapan juga dilakukan untuk melakukan pelatihan ke adik-adik angkatan.

“Mudah-mudahan adik-adik angkatan kita bisa lebih baik dari kita,” harap Asefan.

Berbagai prestasi pun pernah diraih oleh para mahasiswa ini. Tahun lalu, Aris, Dely, dan Asefan berhasil meraih juara 2 Calculus Cup Universitas Negeri Jakarta. Selain itu, Dely juga merupakan peraih Juara 1 OSN Pertamina Provinsi Jawa Barat.*

Laporan oleh: Artanti Hendriyana / eh

Sumber : http://www.unpad.ac.id/2016/05/mahasiswa-matematika-unpad-raih-medali-di-mag-day-ix-itb/

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *