Situs resmi Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran (since 2015)

Tanya Jawab : Seputar PKM – Mathcravt 3

Q : Bagaimana cara menuangkan gagasan yang ada dipikiran kita melalui tulisan?

A : Tuangkan apa saja yang ada dalam pikiran kita. Tulis aja dulu, jangan merasa salah. Jangan pikirkan masalah eyd dll, akan ada waktunya untuk kita merapihkan tulisan kita. Dan percayalah setiap gagasan perlu dihargai. Jadi kita harus berani untuk mengeluarkan gagasan. Kemudian kita bisa juga menjadikan proposal tahun-tahun sebelumnya sebagai referensi atau berinisiatif mencari pementor untuk memudahkan pengejaan PKM.

Q : Jika kita sudah punya ide, tapi bagaimana caranya mencari orang yang bisa satu tim sama kita (misal diluar fakultas)?

A : Cari tim biasanya yang satu organisasi atau yang sudah kenal agar tau dia itu seperti apa orangnya. Dan memang seseorang tersebut sesuai dengan konten PKM kita, supaya pada akhirnya dia bukan hanya numpang nama.

Q : Kapan kita bisa mulai menyusun proposal PKM dan berapa lama waktu pembuatannya (jika membuat lebih dari 1 proposal)?

A : Untuk menyusun proposal PKM bisa kita mulai setelah buku panduannya dikeluarkan oleh Dikti. Jika kita ingkin mebuat proposal lebih dari satu, kita bisa bagi – bagi tugas dengan anggota tim kita sehingga waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama.

Q : Apa saja poin – poin penilaian yang harus diperhatikan?

A : Pertama yang harus diperhatikan adalah administratifnya, seperti tanda tangan atau tanggal pembuatan. Berkas administratif harus rapih dan orisinil, karena banyak yang gagal di PKM karena tanda tangannya tidak orisinil (hasil scan atau copy-paste). Yang kedua adalah konten dan kebermanfaatannya.

Q : Proposal seperti apa yang akan didanai?

A : Semua roposal punya peluang untuk didanai. Untuk memperoleh peluang yang besar, tentunya proposal tersebut harus rapih, orisinil dan judulnya juga harus menarik agar dilirik sama jurinya itu sendiri.  Langkah – langkahnya, konten, kebermanfaatan untuk masyarakat juga harus diperhatikan dan tidak mengandung unsur sara tentunya.

Q : Kalau proposal kita didanai, apakah kita harus membuat laporan pertanggung jawabannya?

A : Ya. Pertanggung jawabannya diberikan dalam bentuk laporan kemajuan dan format laporan kemajuan ada di buku panduan, seperti sejauh mana yang sudah kita lakukan. Dan nanti akan ada juga laporan akhirnya.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *