Semprof dan LKTI 2018

Seminar Nasional Keprofesian Matematika dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (Semprof dan LKTI) 2018 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran di bidang penalaran dan keilmuan. Semprof dan LKTI 2018 ini terdiri atas dua rangkaian kegiatan, yaitu Seminar Nasional Keprofesian Matematika dan Lomba Karya Tulis Ilmiah. Lomba Karya Tulis Ilmiah tersebut juga terdiri atas dua rangkaian kegiatan, yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Poster. Semprof dan LKTI 2018 diadakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 2-3 November 2018.

LKTI

Acara LKTI Tingkat Nasional dengan tema “Peran dan Aplikasi Matematika dalam Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)” beserta tujuh subtemanya. Para peserta mengirimkan abstrak dari karya tulisnya, kemudian diseleksi menjadi dua puluh semifinalis. Selanjutnya, dua puluh semifinalis tersebut mengirimkan fullpaper-nya dan diseleksi menjadi lima finalis. Para peserta yang sudah mengirimkan masing-masing karya tulis ilmiahnya dengan subtema yang berbeda dan telah melalui beberapa tahap akhirnya dapat melanjutkan ke tahap Final LKTI  yang diikuti oleh lima tim yang berhasil lolos.

Final LKTI berlangsung pada Jumat, 2 November 2018 di Bale Rucita, Universitas Padjadjaran. Para finalis mempresentasikan Karya Tulis Ilmiahnya di depan para juri dan peserta lainnya. Pada hari pertama ini, acara hanya berlangsung setengah hari. Sedangkan untuk pengumuman pemenangnya dilanjutkan pada hari kedua.

Pada Sabtu, 3 November 2018 berlangsung Seminar Nasional Keprofesian Matematika dilanjutkan dengan pengumuman pemenang LKTI. Acara ini menghadirkan para pemateri yang sangat berpengalaman di bidang Matematika, baik dalam bidang murni maupun terapan.

SEMINAR NASIONAL KEPROFESIAN MATEMATIKA 2018

Seminar Nasional Keprofesian  Matematika 2018 yang diselenggarakan di Bale Sawala Universitas Padjadjaran. Pemateri  pertama adalah Prof. Erna Apriliani, guru besar ITS.

Beliau memberi wawasan kepada peserta mengenai keprofesian matematika di bidang murni. Dalam penyampaian materi, beliau sangat menginspirasi para peserta.

Pemateri kedua adalah Rudy Kusdiantara, alumni dari University of Essex. Beliau memberi wawasan kepada peserta mengenai keprofesian matematika di bidang murni.

Acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Seminar Keprofesian Matematika 2018.

Lalu ada sesi pemberian materi oleh Rizal Wahid, yang bekerja di Garuda Indonesia Airlines.

Pemateri terakhir oleh bapak Fauzi Arfan, ketua Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI). Beliau dapat membuat para peserta mengenal aktuaria lebih dalam dan mengajak  untuk ikut menjadi salah satu aktuaris di Indonesia. Beliau memberikan pengalaman mengenai tes untuk menjadi aktuaris serta tips agar dapat menembus ujian tersebut.

Dengan selesainya pemateri terakhir, berakhir juga kegiatan Semprof dan LKTI 2018.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *