Situs resmi Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran (since 2015)

SEMPROF 2017 : “Be Mathematician and Change the World!!”

Seminar Keprofesian Matematika dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (Semprof) 2017 adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran dalam bidang penalaran dan keilmuan dalam bentuk lomba karya tulis ilmiah, seminar keprofesian matematika, dan workshop. Semprof 2017 dilaksanakan selama dua hari,  pada tanggal 3 – 4 November 2017.

LKTI

Acara LKTI Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Semprof 2107 dengan tema “Mathematics Application with Multidisciplinary Collaboration” akhirnya sampai di acara puncaknya. Setelah sebelumnya para peserta mengirimkan masing – masing karya tulis ilmiahnya dengan subtema yang berbeda dan telah melalui beberapa tahap, pada hari  Jumat, 3 November 2017 dilaksanakan Final LKTI  yang diikuti oleh 5 tim yang berhasil lolos seleksi di tahap –tahap sebelumnya.

Final LKTI yang berlangsung di Bale Rancage Universitas Padjadjaran ini diikuti oleh lima tim yang berasal dari 1 tim Universitas Indonesia, 1 tim Universitas Sriwijaya, 2 tim Universitas Airlangga, dan 1 tim Universitas Tanjungpura. Masing – masing dari mereka mempresentasikan hasil karya tulis ilmiahnya didepan para juri serta penonton. Pada hari pertama ini, acara hanya berlangsung setengah hari. Sedangkan untuk penguman pemenangnya dilanjutkan pada hari kedua.

Pada hari Sabtu , 4 November 2017 berlangsung secara paralel acara workshop dan seminar nasional keprofesian matematika kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang LKTI. Pada kedua acara ini menghadirkan para pemateri yang luar biasa dan tentunya sangat berpengalaman dibidang Matematika.

WORKSHOP

Acara workshop dengan tema “ Introduction and Application of The ‘R’ Application” yang diselenggarakan di Bale Rucita Universitas Padjadjaran  ini menghadirkan Prof. Dr. Budi Nurani Ruchjan. Beliau merupakan guru besar Matematika FMIPA Unpad. Beliau juga merupakan Dekan FMIPA Unpad pada tahun 2012 – 2016. Dan beliau sempat menjabat sebagai Presiden Perhimpunan Matematika Indonesia (IndoMS) pada tahun 2012 – 2016.  Dalam workshop ini para peserta diberikan pelatihan dalam menggunakan aplikasi R, dimana aplikasi R merupakan salah satu aplikasi yang sangat bermanfaat, terutama untuk pengumpulan dan pengolahan data. Tidak hanya diikuti oleh mahasiswa, kalangan dosen juga terlihat antusias untuk dapat mengikuti acara workshop ini.

SEMINAR NASIONAL KEPROFESIAN MATEMATIKA 2017

Seminar Nasional Keprofesian  Matematika 2017 yang diselenggarakan di Bale Sawala Universitas Padjadaran dengan tema “Mathematics Application with Multidisciplinary Collaboration” mengahdirkan ketiga pemateri yang luar biasa. Pemateri  pertama pada acara seminar ini adalah Dani Robini, FSAI. Beliau adalah Actuarial Analyst di PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia. Beliau juga pernah bekerja sebagai Senior Actuarial Analyst di PT Eldridge Gunapirma Solution. Dalam penyampaian materi kepada peserta beliau memotivasi para peserta untuk ikut menjadi salah satu aktuaris di Indonesia. Beliau memberikan pengalaman dan info – info seputar tes untuk menjadi aktuaris serta tips dan trik yang dapat digunakan untuk bisa menembus ujian tersebut. Selain itu, beliau juga menerangkan mengenai pengaplikasian matematika dibidang perbankan.

Pemateri kedua adalah Prof. Dr. Hendra Gunawan. Beliau adalah guru besar Matematika di Institut Teknologi Bandung. Bidang penelitian yang beliau ikuti, yaitu : Maximal Functions, Singular Integrals, Fractional Integrals, Wavelet Theory. Beliau pernah mendapat penghargaan dari Habibie Awards . Dalam acara seminar ini beliau menerangkan mengenai matematika itu sendiri dan juga penulisan karya ilmiah serta ilmu-ilmu yang biasanya digunakan dalam penulisan karya ilmiah mengingat beliau sudah menghasilkan 70an publikasi baik nasional maupun internasional.

Terakhir, pemateri ketiga adalah  Mr. Suryo Eko Hadianto. Beliau adalah Direktur Operasi dan Produksi PT Bukit Asam persero, Tbk. Beliau juga sempat menjabat sebagai Manager senior analisis, evaluasi, dan optimalisasi produksi di PTBA. Beliau menerangkan mengenai dunia bisnis dan industri serta pengaplikasian matematika yang bisa diterapkan di dunia industri.

Selain dihadiri oleh para pemateri yang luar biasa, acara ini dihadiri oleh para peserta yang luar biasa juga. Peserta seminar kali ini dihadiri oleh mahasiswa dari 11 Universitas berbeda yang berasal dari dalam maupun luar Pulau Jawa, serta beberapa dosen juga hadir dalam acara ini.

Setelah pematerian seminar berakhir, acara dilanjutkan dengan pengumuman juara tiga besar LKTI Tingkat Nasional. Juara 1 diraih oleh tim Universitas Tanjungpura, juara 2 diraih oleh salah satu tim dari Universitas Airlangga, dan juara 3 diraih oleh tim Universitas Indonesia. Kami ucapkan selamat kepada para pemenang!

Semoga semua rangkaian acara kami dapat bermanfaat untuk seluruh peserta dan semua pihak  yang telah berpartisi dalam manyukseskan acara kami.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *