Situs resmi Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran (since 2015)

Mathcravt I (Pelatihan Software SPSS)

Siapa bilang di Matematika kita hanya berteman dengan angka ? Di sini tuh kita punya banyak teman, jadi gak cuman angka, ada logika, analisis, grafik, dan yang lainnya. Salah satu dari ‘yang lainnya’ itu ialah program atau software yang mendukung kita agar bisa lebih cepat dalam mengerjakan suatu perhitungan atau membuat grafik dan lainnya. Nah, pada Mathcravt pertama ini, diadakan pelatihan seputar software SPSS. Sebelumnya yuk kita kenal dulu Mathcravt itu apa sih ? Mathcravt atau mathematics creativity ialah salah satu proker dari kementerian keprofesian PH  Himatika FMIPA Unpad 2017. Proker ini bertujuan untuk memfasilitasi Anggota Biasa Himatika FMIPA Unpad untuk dapat mengembangkan potensinya dibidang keilmiahan dan penelitian yang berkaitan dengan keprofesian matematika yang diadakan dalam bentuk pelatihan dan sharing informasi.

Kamis lalu, tepatnya pada tanggal 9 Maret 2017, Mathcravt I mengundang kang Fiqry Revadiansyah sebagai pemateri dalam pelatihan software SSPS. Di sini kita diberikan wawasan mengenai SPSS dan fungsinya. Nah, jadi apasih SPSS itu ? SSPS itu ialah singkatan dari Statistical Product and Service Solutions yang merupakan program aplikasi yang memiliki kemampuan analisis statistik yang cukup tinggidengan menggunakan menu-menu dan kotak-kotak dialog yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami pengoperasiannya. Nah, diantara semua software statistik, SPSS ialah software yang paling populer dan banyak digunakan diseluruh dunia loh. Terus fungsinya apa ? Fungsinya ada banyak. Pada awalnya SPSS digunakan untuk keperluan pengolahan data statistik, tetapi sekarang kemampuannya diperluas untuk melayani berbagai jenis pengguna seperti untuk proses produksi, riset, dan lainnya. Tidak hanya sebatas pengertian dan fungsi. Yang namanya pelatihan rasanya tidak akan lengkap jika tidak ada praktik penggunaan secara langsung. Oleh karena itu, di Mathcravt I ini, kang Fiqry juga mengajarkan bagaimana cara menggunakan software tersebut. Mulai dari membuka software, input data, proses data, dan bentuk outputnya.

mathcravt1matcravt2

Oiya, disini tidak hanya sebatas pelatihan loh, ada doorprize juga yang menunggu di akhir acara. Uniknya, doorprize kali ini diundi dari kata-kata yang ada di bungkus permen. Dan 3 orang yang beruntung saat itu ialah Rochmat, Inur, dan PG. Wahhh hebat ya Proker ini. Yuk kita tunggu dan ikuti Mathcravt berikutnya untuk menambah wawasan kita.. 😀

1 Comment

  1. 4 May 2017    

    Hello! Cool post, amazing!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *