Situs resmi Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran (since 2015)

Kansai II : “Metamorfosis”

Assalamu’alaikum akang teteh Himatika!! Gimana kabarnya ? Semoga sehat selalu yaa. Nah, sekarang di himacorner ini, kita akan nge-review nih tentang Kansai kedua yang dilaksanakan pada hari senin lalu, tepatnya pada tanggal 17 April 2017. Buat akang teteh yang tidak sempat datang pada Kansai kedua kemarin, yuk dibaca artikelnya hehe..cekidott !! 😀

 

Setelah membahas tema “Teman Masa Gitu” yang dibawakan oleh Kang Ridwan, Kansai di bulan April ini kembali hadir untuk yang kedua kalinya dengan membawakan tema “Metamorfosis” dengan Kang Deden sebagai pematerinya. Sebelumnya akang teteh pasti sudah tau dong ya apa sih metamorfosis itu ? Kalau di biologi, singkatnya metamorfosis itu ialah perubahan bentuk menjadi bentuk yang lebih baik. Contohnya ? seperti ulat yang berubah menjadi kupu-kupu. Lah terus apa hubungannya sama kansai kali ini ? nah jadi di kansai kali ini, kita dijelaskan tentang bagaimana kita yang seharusnya. Dimana kita harus berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi agar lebih disayang dan disenangi oleh Allah SWT.

kansai1

Untuk lebih mudahnya, kita analogikan proses metamorfosis kupu-kupu, dimana diawali oleh ulat yang tidak disenangi banyak orang dan bahkan dijauhi. Disini kita sebagai manusia tidak luput dari yang namanya dosa, akan ada masa ketika kita tidak disenangi oleh orang disekitar kita. Kemudian ada kepompong. Untuk menjadi suatu bentuk yang lebih baik, tidak lah semudah yang kita kira. Kepompong disini dianalogikan untuk kita mengintropeksi diri, menyadari semua dosa-dosa yang sudah kita lakukan. Dan terakhir ialah kupu-kupu. Setelah kita menemukan dan menyesali dosa-dosa yang telah kita perbuat, maka haruslah bagi kita untuk bertaubat dan tidak mengulangi dosa-dosa yang sudah kita sadari, mulai perbanyak amal dan sebarlah kebaikan.

 

Adapun beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk membantu kita ber-metamorfosis. Apa aja sih itu ? Pertama ialah ber-istiqamah dengan hati, lisan, dan jiwa. Kemudian berusahalah untuk berubah dari hal yang terkecil. Lalu beradalah di lingkungan yang menurutmu dapat membantumu untuk berubah menjadi lebih baik. Dan yang terakhir ialah berdoa dan bersyukur atas apa yang terjadi dan yang dimiliki.

kansai11

Oiya, ada sebuah kutipan ayat nih yang Insyaallah akan dapat memotivasi kita untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” (QS. Ar-Ra’ad : 11)

Jadi apalagi yang kita tunggu, yuk kang teh kita sama-sama mengintropeksi diri, menyesali semua dosa-dosa yang telah kita perbuat, dan bertaubat kepada-Nya. J

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *